Sambutan Ketua Program Studi

 

Selamat datang di web site Program Studi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta!

Teknik Elektro Universitas Bung Hatta adalah salah satu Program Studi (Prodi) Teknik Elektro di Indonesia yang berlokasi di Kampus III Jl. Gajahmada no 19 Olo Nanggalo. Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta menawarkan Program Pendidikan Sarjana Strata-1 (S-1) di bidang Teknik Elektro arus kuat. Lulusan prodi ini akan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) Elektro

 

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari energi listrik, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Lagi pula listrik adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan Teknik Elektro menjadi semakin relevan. Dengan beberapa konsentrasi yang ada di program studi ini kamu bahkan nggak hanya akan belajar tentang instalasi listrik aja, tapi juga mengenai IT dan bahkan robotik.

Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta memiliki sejarah yang cukup panjang sejak berdiri tahun 1982. Hingga saat ini, Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran dan penelitian yang baik dan lengkap guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran para mahasiswa. Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta telah mendapatkan pengakuan akreditasi ‘B’ nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kualitas penjaminan mutu di Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu Prodi dan Fakultas.

Secara umum, proses pembelajaran di Teknik Elektro Universitas Bung Hatta dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: tatap muka, diskusi kelompok dan kelas, praktikum di laboratorium, kegiatan company visit atau kunjungan ke industri, kuliah tamu dari praktisi dan ilmuwan di dalam negeri, kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online distance learning, peningkatan soft skills mahasiswa.

Guna mengantisipasi kebutuhan dunia industri, Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta menyiapkan Kurikulum Revolusi Industri 4.0 Tahun 2019 yang menerapkan Outcome Based Education (OBE) dengan menawarkan 5 mata kuliah pilihan sesuai dengan kebutuhan industri terkini.  Kurikulum dirancang dengan beban 144 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dapat diselesaikan normal selama 4 tahun atau 8 semester. Kurikulum saat ini juga telah mengakomodasi beberapa isu terkini seperti : sustainable development, greenhouse gas reduction, pollution prevention, entrepreneurship and technopreneurship, energy efficiency and optimisation, dan food technology.

Penelitian yang dilakukan di lingkungan Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta dikelompokkan untuk berdasarkan bidang keahlian dosen sebagai berikut: Teknik Konversi Energi Listrik, Teknik Tenaga Listrik, Sistem Kendali,  dan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT)

Oleh karena itu, jangan ragu bergabung bersama kami di Prodi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta!

 

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Bung Hatta

Ir. Arzul.,MT

Statistik Pengunjung

Today3
Yesterday28
This week185
This month3
Total8185

Who Is Online

1
Online

2022-10-01